PEMANFAATAN VLOG SEJARAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF DI ERA COVID 19

Ana Nurhasanah, Yuni Maryuni, Wahyu Arif Ramadhan

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan VLOG sejarah sebagai media pembelajaran alternatif di era Covid 19. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan alternatif langkah yang tepat diambil oleh pemerintah namun tanpa persiapan yang memadai sehingga banyak terjadi ketidaksingkronan antara masing-masing daerah serta sarana dan prasarana sinyal serta handphone yang belum memadai membuat tidak merata diterima oleh peserta didik dan guru.  Maka oleh sebab itu pembelajaran melalui Vlog Sejarah diera pandemi merupakan solusi dan alternatif bagi peserta didik dalam mempelajari sejarah dari rumah, guru dapat menjelaskan materi dengan menggunakan applikasi Zoom/whatassp serta guru dapat mengirimkan vlog pembelajaran dichanel youtube dengan link kepada peserta didik yang kemudian ditonton, secara tidak langsung peserta didik dapat melihat gurunya dichanel tersebut dan memahami materi yang disampaikan oleh guru, kemudian apabila ada yang belum dipahami, bisa ditanyakan via japri kepada guru dan dijawab dan didiskusikan didalam grup pembelajaran. Setelah itu guru dapat memberikan tugas alternatif kepada peserta didik untuk membuat vlog sejarah dari rumah

 

Kata-kata kunci: VLOG, Media Pembelajaran, Peserta didik

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo.

Asyhar, Rayandra. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Priana, Ronny Yudhi Septa (2017). Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Teritegrasi Tekhnologi Informasi. Proseding. Seminar Nasional Pendidikan: FKIP UNTIRTA.

Sadiman, S Arief, dkk. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

_______. (2002). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Penerbit CV. Sinar Baru Badung.

Tafsir, A. (1990). Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trilling and Fadel. (2009). 21st century skills: learning for life in our times. USA: Jossey Bass.

Widiani.L.S. dkk. (2018). Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 7 (1), 123-132.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP