PERANGKAT PEMBELAJARAN SCHOOLOGY BLENDED LEARNING PADA KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MENUNJANG LITERASI INFORMASI

Dhea Annisa Shabrina, Indria Wahyuni, Pipit Marianingsih

Abstract


Blended learning adalah perpaduan pembelajaran e-learning dengan konvensional sebagai alternatif solusi dalam mengatasi kekurangan pembelajaran digital dan tatap muka secara langsung.  Schoology adalah salah satu learning management system yang dapat dimanfaatkan dalam penerapan blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari perangkat blended learning berbasis schoology pada konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kelas XII SMA/MA untuk menumbuhkan kemampuan literasi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D) dengan desain ADDIE (analys, design, development, implementation, dan evaluation). Hasil penelitian menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP, bahan ajar, dan soal evaluasi. Konten pembelajaran didesain kedalam beberapa bentuk bahan ajar seperti modul, power point, link-link literatur, edugame, virtual lab, video, dan gambar. Hasil kelayakan perangkat blended learning berbasis schoology berdasarkan uji ahli mendapatkan nilai sebesar 82.1% dengan kategori sangat layak dan respon siswa mendapatkan nilai sebesar 85.4% dengan kategori sangat baik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: blended learning, literasi informasi, perangkat pembelajaran, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, schoology.

Full Text:

PDF

References


Aminoto, T. and Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika 8(1).

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Impelentasinya pada Kurikulum 2013. Prenadamedia Group, Jakarta.

Campbell, N. A., Reece, J. B., Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P. V. and Jackson, R. B. (2012). Biologi Edisi 8, Jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Carman, J. A. (2005). Blended learning Design: Five Key Ingredients. (Online). (http://www.agilantlearning.com/pdf/Blended-Learning-Design.pdf/.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning Teori Dan Desain. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Harosid, H. (2017). Kurikulum 2013 Revisi 2017. 59 hlm. http://aseptiana-parmawati.dosen.skipsiliwangi.ac.id/files/2017/10/GAMBARAN-UMUM-K13-REVISI-2017.pdf.

Mashuri, I. (2012). Implementasi Literasi Informasi di Sekolah. Pustakaloka 4(1).

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. UNY Press, Yogyakarta.

Nurchaili. (2016). Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital. LIBRIA 8(2).

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta.

Prasetyo, H. and Sutopo, W. (2018). Industri 4.0 Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. Jurnal Teknik Industri 13(1).

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru — Karyawan dan penelitian Pemula. Alfabeta, Bandung.

Purwanto, N. (2008). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. PT Remaja Rosda Karya, Jakarta.

Putri, N. W. M. A., Jampel, N. and Suartama, I. K. (2014). Pengembangan E-learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara, Jakarta.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sulastri. (2019). Pelatihan Penyusunan Perangkat Perencanaan Pembelajaran Kepada Para Guru. Jurnal Loyalitas Sosial 1(1).

Susanti, E. and Sholeh, M. (2008). Rancang Bangun Aplikasi E-Learning. Jurnal Teknologi. 1(1).

Treyani, M. (2017). Mengukur kemampuan literasi informasi siswa Sman 2 tangerang selatan menggunakan Empowering 8 pada program kelas percepatan. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, DKI Jakarta.

Widagdo, A. K. (2010). Hasil Pembelajaran Dengan Metode Konvensioanal Dan Metode Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Teknik Passing Sepak Bola Pada Kelas Viii Smp N 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi: Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah.

Zendrato, J. (2016). Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria 6(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP