PENDEKATAN LEAN HEALTHCARE DAN SIMULASI UNTUK MEMINIMASI WAKTU PELAYANAN RAWAT JALAN DI RSUD X

Evi Febianti, Yusraini Muharni, Eka Aulia Mustikawati

Abstract


RSUD X adalah salah satu rumah sakit milik Pemerintah yang memiliki kewajiban untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal. Namun berdasarkan hasil pengamatan dan hasil wawancara terhadap pegawai rumah sakit dan pasien, masih terdapat beberapa permasalahan yang terjadi seperti banyaknya antrian pada pelayanan rawat jalan sehingga membuat pasien harus melakukan berbagai tahap dari mulai pendaftaran hingga pengambilan obat dengan waktu yang cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai VA, NNVA, dan NVA, menentukan aktivitas dengan waktu yang lama berdasarkan diagram pareto, merancang model simulasi, menentukan usulan perbaikan pelayanan rawat jalan di RSUD X. Metode yang digunakan yaitu lean healthcare dan simulasi. Hasil penelitian diperoleh nilai NVA yang paling tinggi pada poliklinik jantung, mata, dan THT. Nilai NVA pasien umum untuk poliklinik jantung, poliklinik mata, dan poliklinik THT masing-masing sebesar 86,73%, 86,14%, dan 86,17%. Sedangkan nilai NVA pasien BPJS untuk poliklinik jantung, poliklinik mata, dan poliklinik THT masing-masing sebesar 88,29%, 87,68%, dan 87,71%. Aktivitas-aktivitas terlama berdasarkan diagram pareto yaitu menunggu mengambil obat, proses pemeriksaan poliklinik THT dan jantung, menunggu dipanggil pemeriksaan, dan menunggu dipanggil untuk pendaftaran.Usulan perbaikan yang dilakukan yaitu usulan alternatif 3 dengan membuat display penunjuk arah lokasi poliklinik jantung, mata, dan THT, membuat display penunjuk arah lokasi apotek rawat jalan, mengurangi waktu menunggu untuk mengambil nomor antrian pada apotek, mengurangi waktu menunggu untuk mengambil obat dengan menambah loket ahli farmasi, dan mengurangi waktu pengambilan obat dengan menghilangkan kegiatan pengisian biodata.


Keywords


Big Picture Mapping; Lean Healthcare; Simulasi; VA; NVA; NNVA.

Full Text:

PDF

References


Bata,Y.W.2013.HubunganKualitasPelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Akses Sosial Pada Pelayanan Rawat Inap di RSUD Lakipadada Tana Toraja. Jurnal AKK Fakultas Kesehatan Masyarakat. Makassar : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin.

Boos, H and Frank, Z. 2013. Lean Principles in Health Rehabilitation: Suggestions For Implementation. Proceedings of The Seventh International Conference On Healthcare System and Global Business Issues. Jaipur : Jaipur National University.

Gasperz, V. 2011. Sistem Manajemen Kinerja Terintigrasi Balanced Scorecard dengan Malcolm Baldrige dan Lean Six Sigma. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hines, P and Rich, N. 1997. The Seven Value Stream Mapping Tools. International Journal of Operation and Production Management, pp. 46-47.

Hines, P. and Taylor, D. 2000. Going Lean. Cardiff Business School : Lean Enterprise Research Center.

Kim et al. 2006. Lean Healthcare: What Can Hospital Learn From a World Class Automaker. Vol 1 No 3. Journal of Hospital Medicine. Ann Arbor : University of Michigan.

Zuhdi, A. 2004. Pelatihan Dasar Optimasi Proses Produksi dengan Metode Simulasi. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by