Pengaruh Pemberian Motivasi Belajar Kepada Mahasiswa Di Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Maluku

Wahyuni Sammeng, Michran Marsaoly

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian motivasi belajar terhadap keinginan berhasil, dorongan belajar, dan cita-cita di masa depan. Penelitian ini dilakukan pada 46 orang responden selama bulan Juli-September 2019. Penyampaian materi menggunakan pendekatan model pembelajaran attention, relevance, confidence, dan satisfacation (ARCS) yaitu metode dengan memfokuskan perhatian mahasiswa dengan menyesuaikan materi pembelajaran dengan kondisi mahasiswa untuk meningkatkan percaya diri dan kepuasan dari mahasiswa. Analisis univariat menunjukkan bahwa kategori umum responden yang terlibat dalam penelitian, minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian motivasi belajar tidak berpengaruh pada keinginan berhasil dan dorongan belajar, namun bermakna pada cita-cita di masa depan. Efektivitas dalam pemberian intervensi perlu diperhatikan pada jumlah responden dalam satu kelas, waktu yang digunakan dan kondisi fisik dari fasilitator. Semakin baik kondisi kesehatan dan keadaan fasilitator memberikan hasil yang positif dalam intervensi kelas

Keywords


Keinginan berhasil, dorongan belajar, cita-cita di masa depan

Full Text:

PDF

References


Amri Saeful. (2014). Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Dalam Mengikuti Pelajaran Mata Diklat Instalasi Penerangan dan Tenaga Listrik di SMK Nusantara 1 Comal Pemalang (Vol. 1, Issue 1, pp. 2–85).

Anastasya, D., Dewi, S. R., & Murnaka, N. P. (2015). Pengaruh Games Memorize Card Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Operasi Hitung Bilangan. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 164. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.5010

Benny A.Pribadi. (2012). Model ARCS Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar (pp. 1–2).

Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa Sma Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 2355–6358.

Emda, A. (2019). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 7(1), 93–196.

Fransiska Dwi Mayasari. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Ngabang (pp. 1–11).

Hariyana. (2019). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Yang Berbasis K-13 Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Purwosari Tahun Ajaran 2018/2019.

Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547

Hasbi, H., Rukhvianti, N., & Gunawan, H. (2020). Pembinaan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode ARCS. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 254–259.

Hasbullah dan Zainudin. (2020). Penerapan Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Miftahul Ishlah Tembelok Menurut Hamzah B. Uno (Vol. 11, pp. 16–39).

Iman Setia Putra Jaya Gulo. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar, Cita-Cita Siswa, Kompetensi Guru, Komunitas Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Sleman.

Makiyah, N. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Kota Banjarmasin.

Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992

Sidik, S., P, W. A., Ekonomi, F., & Islam, U. (2013). Motivasi Menentukan Dan Meraih Cita-Cita Bagi Remaja. Motivasi Menentukan Dan Meraih Cita-Cita Bagi Remaja, 2(1), 23–26. http://www.senirupa.itb.ac.id/wp-content/upload/jurnal/jurnal-17011011.pdf

Sri Widowati. (2018). Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran ARCS ( Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction ) Materi Ekosistem Kelas X MA Al Asror.

Stefany, E. M. (2016). Pengaruh Strategi Arcs (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) Terhadap Motivasi Belajar Tik Siswa Di Smp 4 Negara. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i2.1549

Sujarwo. (2008). Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian Dalam Memilih Strategi Pembelajaran. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/download/6858/5891

Sukarno, S., & Salamah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction.) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 75 Kota Bengkulu. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 137. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1867




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jgkp.v3i1.15382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wahyuni Sammeng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

---------------------------------------------------------------------------------------
Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas
Published by Department of Nutrition, Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Kota Serang Provinsi Banten
WA : +62 85253587076
Email: jurnal.ilmugizi[at]untirta.ac.id
 

 

View My Stats